Hikmah Surga

Hikmah surga ini berisi sekilas tentang beberapa artikel ilmiah pribadi sebaagai wujud pengembangan diri dan aktualisasi diri pada bidang pendidikan

Minggu, 15 Juni 2008

Isro Mikroj dalam Versi Supranatural

ISRA DAN MI’ROJ
Sejarah Isro M’iroj Nabi Muhammad saw

Dalam perjalanan isro mi’roj, diceritakan oleh syekh al alamah ajuddin dalam buku al kamil fittarikh jilid II bahwa cerita isra mi’roj dieritakan dalam riwayat bukhori dan muslim yakni berisi:
Pada suatu malam tatkala rasul sedang tidur dimasjidil haram dekat hijr ismail, datang malaikat jibril dan mikail. Nabi bertanya: untuk apakah engkau mendatangiku?, apa diperintahkan oleh Allah?. Malaikata lalu menjawab: kami diperintahkan oleh Allah. Kedua malaikat itu pergi, kemudian datang lagi tiga orang malaikat dan membawa air zam-zam. Mereka membedah perut nabi mengeluarkan segala kotorannya dan mengisinya dengan iman dan hikmah.
Malaikat jibril mengeluarkan nabi dari masjidil haram dan diluar telah tersedia dabbah yakni buroq. Dalam perjalanan jibril menyerahkan dua bejana, satu gelas berisi air susu dan satu gelas berisi khomer. Lalu nabi diperintah untuk memilih dan kemudian memilih susu dan meminumnya. Jibril berkata bagus sekali ya rosul, andaikata engkau meminum khamar maka niscaya rusaklah umatmu.
Sesampainya disuatu tempat, jibril menyuruh rasululoh turun dan sembahyang disuatu tempat yakni thoyyibah. Setelah perjalan diteruskan nabi turun kembali dan bersembahyang di bukit tursina dimaa nabi musa pernah bercakap-cakap dengan Allah. Perjalanan kemudian dilanjutkan kembali dan turun dibaetullahem tempat nabi isa dilahirkan. Yang pada akhirnya sampailah nabi dan jibril dimasjidil aqsha. Dimasjidl aqsha nabi dan jibril disambut oleh para nabi dengan salam serta melakukan shalat berjamaah dengan imamnya nabi muhammad saw.
Dilangit pertama nabi melihat seseorang laki-laki yang gagah perkasa. Sebelah kanannya tercium bau harum dan disebelah kirinya tercium banu busuk. Bila dia melihat umatnya masuk kesebelah kanan dia tertawa, namun bila dia melihat umatnya masuk kepintu sebelah kiri dia menangis. Nabi bertanya siapakah itu hai jibril: dia adalah nabi adam.
Naik kelangit dua bertemu nabi isa dan yahya. Dilangit ketiga dia bertemu yusuf as, dilangit keempat bertemu nabi idris, dilangit kelima bertemu nabi harun dan manusia yang mengitarinya adalah bani israil, dilangit keenam beliau melihat seorang laki-laki yang sedang menangis yakni nabi musa, karena dia merasa terlalu dibesar-besarkan oleh bani israil, padahal nabi musa sendiri merasa sebagai anak adam dan berada dibelakangnya. Dilangit ketujuh nabi bertemu nabi ibrahim yang wajahnya putih bersih yang sedang bersandar dibaetul makmur yang setiap harinya dimasuki 70.000 malaikat

TINJAUAN ILMIAH
ISRA MI’ROJ NABI MUHAMMAD SAW
Oleh Prof. Dr. Tb. Bachtiar Rivai
Secara ppopulernya para psikologi mencakup studi tentang kemampuan insani yang para normal seperti misalnya telepati “clairvoyance” atau kemampuan mwlihat sesuatu diluar penglihatan biasa dan prekognisi atau pengetahuan luar indera. Bermacam-macam uji eksperimentalnya pada umumnya mencakup apa yang disebut ESP yakni exstrasentory perception dan PK atau psikokinesis. Uji PK ini yakni menggerakan berbagai macam benda dengan jalan memustakan pikiran kepada benda tersebut.
Adapu metafisika secara populernya mempersoalkan apa yang terdapat setelah atau dibalik yang bersifat benda atau materi. ”Maa ba’dattobi’ah adalah istilahnya menurut Hamka. Kalau fisika sebagai apa yang disebut ilmu pengetahuan positifnya sifatnya empiris terhadap hal-hal materiil, maka metafisika bersifat non non empiris terhadap hal-hal non materiil. Metafisika berusaha menemukan sikap intelektual yang tepat terhadap realitas terakhir. Hal ini dapat terlihat dari seretetan kepustakaan, mulai dari misalnya karya T Lobsang rampa. Menurut imanuel kant problema permanen atau masalah tetap yang dihadapi metafisika adalah terutama mengenai Tuhan, kelanggenagan hidup dan kebebasan.
Sikap dunia ilmu pengetahuan madzhab empiris atau exsperimental pada umumnya adalah skeptis terhadap para psikologi.metafisika dan bidang yang sejenis. Menurut madzhab empiris, kekuatan berfikir semata-mata tidak dapat membuktikan adanya sesuatu. Polemik ini pada hakikatnya dapat dikembalikan kepada perdebata klasik antara fulsuf yunani purba plato dan aristoteles.
Apa yang dikemal dengan metode ilmiah khususnya bagi ilmu-ilmu pengetahuan alam, pada dasarnya adalah metode eksperimentil atau metode induktif. Cara berfikir induktif ini adalah menarik kesimpulan dari yang khusus menjadi yang umum, dari yang sebagian menjai yang keseluruhan, dari yang individuil menjadi yang universil. Atau menurut stephen brush sebagai baconian theory. Secara populer menurut bacon semua ilmu pengetahuan yang dapat dipercaya harus berasal dari percobaan(eksperimen) dan pengamatan (observasi). Menurut madzhab ini teori-teori hanya dapat diperkembangkan setelah cukup fakta-fakta terkumpulkan, untuk selanjutnya dihubung-hubungkan satu sama lainnya dan kemudian menyelenggarakn eksperimen-eksperimen lebih lanjut untuk memperoleh fakta-fakta selanjutnya.
Selain otu menurut bapak dari teori relativitas kenisbian, Einstein bahwa struktur dasar dari setiap ilmiah harus datang dari kekuatan berfikir, dan bukan dari pengalaman. Azaz fundamentalnya adalah penemuan bebas dari intelek insani. Eksperimen atau percobaan tidak dapat memainkan peranan dominan dalam memperkembangkan sesuatu teori.

ISRO MI’ROJ PERISTIWA ILMIAH SUPERNATURAL
Al-qur’an juz 15 surat 17 ayat 1 menjelaskan: maha suci Allah yang telah memperjalankan hambanya disuatu malam dari masjidil harom kemasjidil aqsha yang telah kami berkahi disekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kebesaran kami.nabi Muhammad dimi’rojkan Tuhan pada tanggal 27 rajab setahun sebelum beliau hijrah kemadinah atau sesudah 12 tahun beliau bertugas kenabian.
Dari mekah sebagai ibukota buni atau sumbu bumi, beliau dibernagkatkan dari masjidil
Haram sebuah masjid yang terletak tepat ditengah-tengah kota mekah, tampat yang terletak dilembah yang dibatasi oleh daerah al-qhisyayiyah, al-shamiah, sugal hil dan ash-shubukah, dikelilingi gunung batu, jabal ka’bah , jabal qal’ah,jabal tsur dan jabal qubaisyi.
Dengan berkendaraan alat yang dalam Al-quran disebut mara’ dan dalam ilmu phisiko disebut neutrini, yakni suatu partikel yang tidak mengenal waktu dan ruang, dan berkecapatan ribuan kali kecepatan cahaya atau sinar, (300.000 km perdetik), nabi Mubahhamad meninggalkan bumi menuju keplanet sidratul muntaha, sebuah tata surya sejauh 50.000 milyar km dari bumi, ddengan singgah sebentar diplanet-planet mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus, pluto dan akhirnya tiba diplanet sidratul muntaha. Adapun planet ini, beberapa ilmuwan amerika seperti DR. Gerry Neugebaur, direktur-direktur observatorium palomar institut fisika dan ruang angkasa Universitas Carnel di itacha new york dengan mempergunakan satelit astronomi inframerah yang dikendalikan oleh lab propulsi jet di california.
Menurut alquranulkarim sifat-sifat dari plenet sidratulmuntaha adalah planet yang terbesar, tertinggi dan tejauh dari matahari, dan tidak dapat dilampaui oleh umat manusia manapun. Dengan demikian tercatat sepuluh planet dalam tata surya sebagaimana yang diterangkan dalam al-quran (ayat 53: 14) dan tidak 9 buah sebagaimana diternagkan oleh astronomi.
Sejarah mencatat bahwa pada waktu nabi dimi’rojkan ke 10planet tersebut mengelompok di satu sisi matahari, dengan kata lain semua planet itu sebagai aak-anak matahari berada dalam satu poros yang disebut grand allignment atau planitory elignment.penomena angkasa yang demikian itu terjadi sekali dalam 500 tahun, phenomena mana biasanya disertai oleh banyak peristiwa kosmis berupa bencana alamseperti gunung-gunung meletus, banjir angi taufan, hujan lebat, peperangan dan sebagainya yang menelan banyak korban jiwa manusia.
Posisi planet yang demikian itu terjadi padatanggal 10 maret 1982, hal ini bumi telah menimbulkan beberapa peristiwa kosmis seperti meletusnya beberapa gunung antara lain gunung galunggung dijawa barat, banjir besar disumatera selatan, nikaragua peperangan iran-iraq, falkland, libanon dan lain-lain. Sebagaimana kita ketahui, bumi kita terletak sepenuhnya didalam sitem dari binatang yang disebut matahari. Dalam ilmu astronomi sistem ini dikenal dengan nama tata surya atau solar sistim.
Dengan demikian bumi dan planet-planet lainnya seperti mercurius, venus,mars, jupiter,uranus, saturnus, pluto dan munthaha terletak sepenuhnya dalam sistem dari bintang yang disebut matahari itu. Kita mengetahui bahwa jarak dari bumi kematahari adalah 150 juta km atau sekitar 8 menit perjalanan cahaya. Selanjutnya jarak dari matahari keplanet venus ada 109 juta km, dari bumi kevenus ada 300 juta km. Dari bumi keplanet mars 335 juta km. Matahari merupakan suatu bintang dengan berat 2 milyar milyar ton atau dengan angka 2x27-nol ton. Suhu pada kulit matahari adalah 6000 derajat celcius dan dipusatnya 20 juta derajat celcius.
Kembalikepada peristiwa mi’roj nabi muhammad yakni perjalanannya dari bumi ke planet yang terjauh dalam sistim tata surya adalah sesuai dengan pelaksanaan perintah Allah kepadanya. Sejarah kenabian dan kerasulan telah membuktikan bahwa Tuhan telah menurunkan kedunia sebanyak 24.000 nabi diantaranya yang menjadi rosul 313 dan darijumlah ini yang wajib diketahui dan diimani adalah 25.
Adapun yang menyangkut dengan penerbangan antara planet, dapat disebut bahwa nabi adam telah datang keplanet bumi dari planet muntaha dan jika nabi isa telah pergi dari bumi. Maka dua kejadian itu telah menjadi bukti atas kekuasaan Allah dalam memberangkatkan Muhammad dari bumi, kemudian mengembalikannya dalam keadaan selamat kebumi lagi.
Penerbangan antar planet sekarang ini telah menjadi puncak kesanggupan umat manusia, maka oleh karena itu peristiwa besar itu dapat dijadikan uswah hasanah atau contoh dari tauladan yang baik bagi umat manusia. Telah menjadi suatu kenyataan bahwa pada waktu yang akhir-akhir ini telah berlaku penerbangan dan pendaratan antar planet, yang dilaksanakan manusia, menurut perkembangan dan ketinggian ilmu pengetahuan dan teknologi modern.
Peradaban tinggi yang terjadi pada waktu sekarang ini telah dibuktikan dan didahului abad ke xx ini, umat manusia berkat ketinggian ilmu pengetahuan dan teknologinya sedikitnya telah mendekati apa yang telah dicapainabi muhamad saw.antara lain dengan misi penerbangan apolo II dari ameriak serikat,yang telah berhasil mendaratkan manusia pertama dibulan dan mengembalikannya dengan selamat kebumi, suatu hasil gabungan daya pikir dan kemajuan teknik umat manusia.namun demikian manusia harus menyembah dan berterimakesih kepada Allah yang telah memberikan kepintaran dan tidak bertekuklutut pada hasil otak dan tangan para manusia astronut seperti dari apolo 1 dan II yakni thomas staffard, vance brand, donal slayton, juga pada pemimpin misi apolo XII seperti neil amstrong dan kawan-kawannya.
Demikian para penerbang angkasa luar lainnya seperti kosmonout Gagarin dengan soyuz 16 atau solyut 8. sebuah roket uni sovyet yang diberi nama G-I dengan tinggi 122 meter merupakan suatu pesawat angkasa yang dikirim keplanet amrs, mengorbit diseputar planet tersebut, pesawat mana kemudian ditarik kembali kebumi. Bila pada abad ke XX ini umat cerdik pandai yang dilengkapi dengan ilmu pengetahuan modern dan teknologi yang sangat tinggi, masih sangsi, meraba-raba dan menduga-duga adanya kehidupan diplanet mars dan planet-planet lainnya didaerah tata surya, maka Al-quran dengan jelas dan tegas mengatakan bahwa diplanet-planet dalam daerah tata surya ada kehidupan berupa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Selain itu ayat 42:29 mengatakan dan dari pertanda-pertandanya ialah penciptaan planet-planet dan bumi seisinya serta apa yang ia kembang biakan pada keduanya (planet dan bumi) dan mahluk bejiwa (dabbah) dan diatas pengumpulan mereka ketika dia kehendaki adalah menentukan.
Memang untuk tempat hidup manusia semua planet itu diciptakan Allah. Adam dilahirkan dan dibesarkan diplanet sidratul muntaha kemudian melakukan perjalan antar planet untuk akhirnya turun diplanet bumi (jabal rahma) bahwa memang ada penghuninya berupa manusia, hewan dan tumbuhan diplanet-planet dalam daerah tata surya, terbukti adanya piring-piring terbang (unidentified flying object) yang sering berkeliaran disekitar bumi kita ini.
Diantara kota Tortaleza dan rio de janeiro (brazil) sebuah piring terbang membayangi pesawat penumpang selama satu jam 20 menit demikian tutur kapten pilot gerzon macciel de Brutto yang mempunyai pengalaman terbang selama 22 tahun.juga seorang pilot dari aerolines argentines bernama Brutto telah melihat bersama semua penumpang benda yang berkilauan itu.
Dan untuk menyelidiki kebenaran keadaan ini, telahdikonstruksikan sebuah roket yang diberi nama vikin I yang dari bumi/pasadena secara teleskopis dapat diperintahkan oleh tangan robot yang terdapat dalam roket tersebut. Untuk menjulur keluar dan dapat mengambil sedikit tanah dari planet mars untuk disimpan dilaboratorium mini yang telah tersedia didalam robot viking I itu,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda