Hikmah Surga

Hikmah surga ini berisi sekilas tentang beberapa artikel ilmiah pribadi sebaagai wujud pengembangan diri dan aktualisasi diri pada bidang pendidikan

Minggu, 15 Juni 2008

Makna Poligami Ksatria Werkudara

MAKNA POLIGAMI WERKUDARA
BIMA KAWINI 3 WANITA BERTURUT-TURUT
oleh: Safrudin Aziz

Bima mempunyai nama lain yaitu werkudara, bimasena, bratasena, jagal abilawa bayu putra dan sebagainya. Ia lahir sebagai ksatria nomor dua dalam lima bersaudara pandawa. Diantara saudara-saudaranya, bimalah yang hampir selalu tampil sebagai tulang punggung kerajaan amarta meski semua saudaranya (Puntadea, Arjuna, Nakula dan Sadewa) juga bukan orang kebanyakan dalam hal kesaktian. Sebagai titisan (pengejawantahan) dewa angin Bathara Bayu, bima memang punya karakter yang lugu dan kaku. Namun namun pembawaannya yang demikian bukan jadi penghalang baginya untuk mendapatkan jodoh. Justru sikap jujur dan apa adanya itulah yang mnjadikan pesona bagi para wanita yang mencintainya.
Sebenarnya bima bukan tipe orang yang hipersex ataupun mata keranjang. Nyaris ketiga istrinya itu didapatkannya secara tidak sengaja dan tanpa ambisi sama sekali. Namun itulah suratan takdir ksatria penegak (adik sulung) pandawa ini. Tidak hanya itu para istrinyamendapatkan bima melalui wangsit diantaranya dengan mimpi.
Kisah Perkawinan Bima
Adalah dewi Nagagini, putri dewa bumi (dewa ular) Bathara Antaboga dikahyangan sapta pertala. Ia bermimpi bertemu dengan Bima. Tidak hanya berkenalan, namun juga bermesraan. Karena itu Naga Gini tidak bisa melupakan ksatria gagah perkasa yang hadir dalam mimpinya itu. Esoknya ia menangis sejadi-jadinya minta kepada ayahandanya untuk mencarikan Bima.
Dengan berat hati, sang Hyang Antaboga (dewa Anta) pergi mencari calon mmantunya itu.setelah bersemedi dan mengetahui para ksatria pandawa beserta ibunya, dewi kunti dlam bahaya karena dibakar kurawa di Balai sigala-gala. Ia segera bertindak. Bathara Anantaboga mengubah dirinay menjadi seekor musang/ garangan putih.
Musang putih itu yang bisa ditata jalma (bicara layaknya manusia) itu menyelamatkan para pandawa dan dewi kunti melalui jalan bwah tanah. Berkat kesaktianbathara anantaboga, mereka menembus tanah bagaikan hidup diatas daratan.melalui jalan bawah tanah itu, akhirnya mengantarka pandawa sampai kebumi lapis tujuh yakni kahyangan saptapertala. Tempat tinggal bathara anantaboga. Sampai dikahyangan inilah
Musang putih itu kembali menjadi bathara anantaboga yang mempunyai wujud asli seekor ular naga raksasa. Jangan takut, wahai para ksatria pandawa dan dwi kunti. Ketahuilah saya ini adalah bathara anantaboga yang sengaja membawa kalian kemari dengn 2 alasan, pertama, ingin menyelamatkan kalian. Kedua ingin mengawinkan putriku dengan bima.
Semula bima menolak untuk dikawinkan dengan dewi nagagini, sebab dalam benaknya putri seekor ular pasti ular. Namun ketika diperkenalkan yang keluar seorang putri cantik jelita seperti bidadari. Akhirnya bimapun bersedia mengawini dewi nagagini. Untuk sementara waktu pandawa dan dewi kunti tinggal di kahyangan saptapertala. Setiap hari bima bercinta sepuas-puasnya dengan dewi nagagini hingga akhirnya mengandung. Dari perkawinannya dengan dewi nagagini itu lahirlah raden Antareja yang tinggal di kesatrian jangkar bumi.
Bebas dari bahaya, para pandawa dan dewi kunti pergi kealas wanamarta. Mereka bermaksud untukmembuka alas gung liwang liwung yang gawat keliwat liwat (angker). Dilokasi inilah mereka mendirikan kerajaan amarta. Belum selesai pekerjaan membuka hutan, tiba-tiba datang seorrang raseksi (raksasa wanita) yang mengaku bernama dewi arimbi dari kerajaan pringgondani. Wanita yang tampak kurang waras itu, berkali-kali berterik memanggil manggil brataseno.
Wahai dewi arimbi, ada apa kau terus terusan memanggil nama anakku. Brataseno, perkenankanlah anakku, brataseno. Perkenankanlah aku ini dewi Kunthi, ibunya para ksatria pandawa, ujarnya dewi kuinti tnpa rasa malusedikitpun, aribmipun mengutarakan isi hatinya. Ia pernah bertemu dengan raden brataseno dan jatuh cinta. Karena itu ia sengaja datang untuk unggah-unggahi (melamar)ksatria gagah perkasa itu. Oh kanjeng ibu kunti, tolonglah calon menantumu ini. Katanya memelas.
Ketika dwi kunti menawrkan arimbi kepada bima, bimapun menolaknya. Namun ketika dewi kunthi menyebutnya, bagaimana kalau arimbi menjadi wanita cantik. Tampaknya bima diam saja. Maka segeralah dewi kunti berdoa memohon kepada yang maha kuasa agar arimbi diruwat menjadi manusia biasa. Syukur-syukur menjadi cantik jelita.
Doa dewi kunti terkabul, tiba-tib dewi arimbi telah berubah menjadi wanita yang sangat cantik jelita.
Untuk kali kedua arimbi menawarkan diri kepada Bima. Dan akhirny diterima hingga menjadi istri yang kedua bima.dari perkawinan itulah mempunyai anak laki-laki yang bernama RaDEN Gatutkaca yang menjadi raja muda di pringgodani.
Pada suatu saat berkat kelicikan kurawa, mereka menceburkan bima yang tengah pingsan kelaut. Namun ksatria ini ditolong oleh ddwa ikan, sang hyang baruna. Selanjutnya bima dibawa kedasar samudra dan dikawinkan dngan dewi urang ayu, putri bathara baruna. Dari perkawinan itu dikaruniai anak laki-laki bernama antasena yang tinggal diksatrian serayu.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda